Pembelajaran Berbasis Projek Kelas 4A

 Pembelajaran Berbasis Projek

Pembelajaran yang bertujuan sebagai penguatan terhadap pembentukan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila

SDN Sondakan merupakan salah satu sekolah Penggerak di kota Surakarta. Sebagai sekolah penggerak, tentulah banyak paradigma yang perlu diubah dan diperbaharui. Salah satu hal baru yang harus dilaksanakan oleh sekolah penggerak adalah pembelajaran berbasis projek, di mana projek tersebut harus menghasilkan produk baik berupa pengetahuna, karya, dan lain sebagainya yang tidak terlepas dengan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Pembelajaran berbasis Projek ini dapat disisipkan pada setiap mata pelajaran di dalam kelas maupun berdiri sendiri, yang kemudian akan dikumpulkan hasilnya dalam rapor projek. Pada setiap materi pembelajaran sebenarnya dapat kita sisipi pembelajaran projek ini, karena pada dasarnya pembelajaran projek mirip dengan KI4 (Keterampilan) pada kurikulum sebelumnya. Bedanya, pada pembelajaran berbasis projek ini, tidak hanya hasil karya siswa saja yang diharapkan menjadi tujuan akhirnya, namun juga terbentuknya karakter siswa yang sesuai dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan akhirnya.

Pembelajaran di dalam kelas yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis projek di antaranya adalah pada mata pelajaran IPAS materi Bagian-Bagian Tumbuhan. Siswa diajak mengamati fungsi batang tunbuhan menggunakan bahan dan alat sederhana yang ada di sekitarnya. Guru mengajak siswa melakukan eksperimen menggunakan batang seledri, air berwarna, dan gelas. Siswa diminta memasukkan batang seledri yang sudah dibersihkan ke dalam gelas berisi air berwarna.

Pembelajaran berbasis projek yang berdiri sendiri adalah pada saat pelaksanaan kegiatan membatik yang sesuai dengan tema yang diambil oleh sekolah yaitu Tema Kearifan Lokal. Siswa belajar membuat batik mulai dari memperhatikan proses-prosesnya hingga mereka mencoba sendiri membuatnya dengan bantuan orang yang ahli di bidangnya. Melalui pengamatan langsung dan mencoba sendiri, maka siswa dapat memahami dan mempraktekkan sendiri bagaimana proses produksi batik yang selama ini sering mereka gunakan.

Berikut ini adalah hasil karya batik siswa-siswi kelas 4A yang mereka buat secara mandiri di rumah. Batik yang mereka buat tidak hanya batik tulis, tetapi juga batik lukis dan batik jumputan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Vaksinasi Dosis I Kelas IV B

    Kegiatan Vaksinasi Dosis 1 Kelas 4 B SDN Sondakan Surakarta     Kegiatan vaksinasi dosis I dengan sasaran kelas 3, 4, dan 6 SDN ...